SD Islam al-Umm Malang Beri Pengalaman Manasik Haji Untuk Ratusan Santrinya

Arif Kurniawan, S.Pd.I
Kepala Sekolah SD Islam al-Umm Malang

Sebanyak 237 santri dari SD Islam al-Umm, 24 Santri TK Mutiara Sunnah dan 52 Santri TK Islam Istiqomah dengan didampingi oleh 46 Ustadz dan Usatdzah pembimbing yang mengikuti kegiatan pembelajaran manasik haji yang diadakan oleh SD Islam al-Umm di lingkungan kompleks Pondok Pesantren al-Umm, dibuka langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren al-Umm Dr. KH. Agus Hasan Bashori, Lc., M.Ag, Hal tersebut dalam rangka memotivasi dan membiasakan anak-anak pentingnya pendidikan Islami sejak dini, terkait wawasan akan ibadah rukun kelima tersebut.
Pendidikan Manasik haji di SD Islam al-Umm merupakan agenda tahunan berupa peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya yang dilaksanakan oleh santri-santrinya. Tahun 2018 ini, tepatnya hari Sabtu, 20 Dzul Hijjah 1439 H / 1 September 2018, manasik haji dilaksanakan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji cilik ini akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, para calon jamaah haji cilik ini juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Manasik Haji ini bertujuan untuk menanamkan rasa syukur kepada Allah Ta’ala atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita semua dan juha meanamka nilai-nilai agama dan moral yang kuat sejak dini karena ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima sebagai tanda penyempurnaan keislaman seseorang, Anak dapat mengenal pelaksanaan ibadah haji baik itu materi, praktek, dan beberapa tata tertib haji, Melatih anak bersabar dan disiplin.
Selain itu, tujuan kegiatan Manasik Haji Cilik ini juga sebagai ajang untuk lebih mempererat ukhuwah Islamiah,  antara sesama  santri SD Islam al-Umm, Ustadz & Ustadzah, orangtua murid TK Islam Istiqomah dan TK Mutiara Sunnah.
Dari pukul 06.30 pagi sudah terlihat santri-santri dari SD dan TK tampak diantar para orang tua masing-masing dengan  menggunakan kain ihrom untuk laki laki serta baju muslim putih putih untuk anak anak perempuan tampak menunggu ustadz-ustadzah serta teman lainnya berkumpul. Suara Talbiyah lembut terdengar dari pelataran pintu gerbang sampai di kelas serta di halaman dalam Sekolah Islam al-Umm.  Dilanjutkan dengan berkumpul di lapangan futsal Pondok Pesantren al-Umm untuk pembukaan bersama Pimpinan Pondok Pesantren al-Umm dan Para Ustadz – Ustadzah Pembimbing.
Setelah prosesi pembukaan, satu persatu kloter berangkat menuju miniatur ka’bah yang berada di halaman Ma’had ‘Aliy al-Aimmah untuk latihan thawaf, dilanjutkan dengan sa’i / lari-lari kecil di depan gedung Raudhah Ummi Arabil Qur’an selayaknya sa’i di bukit shafa marwah, wuuf di Arafah dan lempar jumrah dan dilajutkan dengan kegiatan lainnya sesuai dengan urutan-urutan rukun haji yang disyari’atkan.
Alhamdulillah kegiatan Manasik Haji 2018 ini berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah  bahu membahu  memberikan support tenaga, bantuan serta do’a hingga terlaksannya kegiatan Manasik Haji 2018 ini.  Semoga Allah SWT memberikan petunjuk, kelancaran, kesuksesan penuh manfaat kebarokahan untuk niat baik yang kita langkahkan demi anak anak generasi mendatang.
Aamiin…

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *